Kamis, 05 Juni 2008

Salah Kaprah Teknologi

Berikut ini adalah al-hal yang sama sekali tidak diperhitungkan oleh tokoh-tokoh dunia dalam memperkirakan perkembangan teknologi :
"*Komputer masa depan beratnya tidak akan lebih dari satu setengahton.*" (*PopularMechanics*, meramalkan kemajuan ilmu pengetahuan, 1949.)
"*Saya rasa, akan ada pasar dunia untuk sekitar lima komputer.*" (*ThomasWatson*, chairman of IBM, 1943.)"
*Saya sudah kemana-mana di negeri ini dan berbicara dengan orang-orangterbaik, dan Saya bisa meyakinkan Anda bahwa data processing adalah leluconyang tak akan bertahan sampai akhir tahun.*" (Editor kepala untuk bukubisnis di *Prentice Hall*, 1957.)
"*Tapi apa bagusnya?*" (Insinyur di divisi Advanced Computing Systems *IBM*,mengomentari microchip, 1968)
"*Tidak ada alasan mengapa orang harus punya komputer di rumahnya.*" (*KenOlson*, president, chairman dan founder of Digital Equipment Corp, 1977.)
"*Telepon ini terlalu merepotkan untuk dipertimbangkan sebagai alatkomunikasi. Tak ada nilainya buat kita.*" (memo rapat di *Western Union*,1876.)
"*Kotak musik tanpa kabel ini tak ada nilai komersialnya. Siapa sih yang maumembayar untuk lagu yang dikirim kepada orang yang tidak jelas?*"(Kolega *DavidSarnoff* saat menolak investasi di bidang radio sekitar tahun 20-an.)
"*Siapa sih yang mau mendengar aktor berbicara?*" (*HM Warner*, Warner Bros,1927 sesaat sebelum era film bisu berakhir.)
"*Mesin terbang yang lebih ringan dari udara. Itu mustahil banget*." (*LordKelvin*, president, Royal Society, 1895.)
"*Kami lalu pergi ke Atari dan berkata, kami punya sesuatu yang istimewa,separuhnya menggunakan sparepart Anda, maukah Anda membiayai kami? Kami cumamau mengerjakannya, nanti kami berikan seluruhnya kepada Anda. Bayar gajikami, kami akan bekerja untuk Anda. Mereka bilang: nggak. Lalu kami pergi keHewlett-Packard; mereka bilang, kami tidak butuh Anda. Anda bahkan belum lulus kuliah*." (*Steve Jobs*, founder Apple Computer saat merayu Atari andHP agar mau berinvestasi untuk membuat PC.)
"*Mengebor untuk minyak? Maksud kamu mengebor tanah untuk menemukan minyak?Gila luh!*" (Tukang bor yang ditawari *Edwin L Drake* untuk mengebor minyak,1859.)
"*Pesawat terbang itu mainan bagus. Tapi nggak ada gunanya untuk militer*."(*Marsekal Ferdinand Foch*, Professor of Strategy, Ecole Superieure deGuerre.)
"*Memory sebesar 640K sudah cukup untuk setiap orang*." (*Bill Gates* ofMicrosoft, 1981.)
Hal-hal yang mustahil mengenai perkembangan teknologi saat ini ternyata menjadi hal yang menggelikan jika disimak suatu saat nanti di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar: